Arsip

Percepat KEK, Kawatu Optimis KEK Pariwisata dan Industri Berjalan Sesuai Harapan Pemerintah

Manado– Rapat koordinasi dan program Kerja Tim Teknis Pelaksana Kawasan KEK Industri dan KEK Pariwisata digelar di hotel sintesa Peninsula Manado yang dihadiri sekprov Sulut Asiano Gemmy Kawatu, Jumat (18/03/2022)

Sekprov Kawatu menyampaikan bahwa dirinya tetap merasa optimis KEK Industri dan KEK Pariwisata yang ada di Provinsi Sulawesi Utara ini akan dapat segera berjalan dengan baik sesuai dengan harapan Pemerintah namun sedikit terlambat karena adanya Pandemi Covid-19 yang dirasakan di semua Provinsi di Indonesia.

“Langkah maju, langkah besar ini musti didukung oleh semua pihak, ini merupakan salah satu wahana untuk kita lakukan praktek kerja bersama dalam rangka percepatan pembangunan baik KEK Pariwisata Likupang serta KEK Industri Bitung,” ungkap Sekprov Kawatu.

Menurut Sekprov Kawatu segenap Stekholder terkait juga telah menghadiri Rakor ini dan mereka akan saling berkoordinasi untuk dapat menyusun rencana kerja kedepan.

Sementara itu Kepala Bappeda Sulut Ir. Jenny Karouw dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakor ini adalah tindak lanjut dari SK Gubernur yang menetapkan Tim Teknis Dalam Pelaksanaan Percepatan Pembangunan baik KEK Industri Bitung dan KEK Pariwisata Likupang.

“Kita sudah beberapa kali menerima surat dari Menko Ekonomi berkaitan dengan informasi bahwa 2 KEK kita di Sulut ini perlu dilakukan percepatan pembangunan karena waktu yang diberikan pada kita kalau dihitung secara normal sudah hampir habis namun kita diselamatkan dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang memang menghantam sektor Pariwisata dan Industri,” jelas Karouw pada kesempatan ini.

Namun demikian menurutnya di tahun 2022 ini perlu dilakukan upaya-upaya percepatan karena ada beberapa green lite yang diberikan pemerintah pusat bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Pertama untuk KEK Bitung dengan adanya kunjungan dari Bapak Presiden dan Menteri PUPR ini akan membantu kita dalam land clearing serta Jalan dalam kawasan untuk lahan 92,96 hektar,” terang Karouw pada kesempatan ini.

Jenny Karouw juga menyampaikan bahwa usulan tersebut sudah dikongkritkan dengan usulan dari Pak Gubernur kepada Kepala Bapenas yang akan disampaikan pada hari Senin dalam Rapat Kerja Nasional yang akan disampaikan kepada seluruh Gubernur di Indonesia dimana yang hadir di Sulut ada 12 Gubernur,

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten II Setdaprov Sulut Praseno Hadi, Kepala Dinas PUPR Sulut Alex Watimena dan Kepala Dinas Pariwisata Sulut Henry Kaitjili. ( * tim/ sulutonline)

Telah dibaca: 21

Budi Rarumangkay

Berita sejenis