Pj. Sekdaprov Praseno Hadi Irup Peringatan Sumpah Pemuda Tingkat Pemprov Sulut

Manado – Sumpah Pemuda 1928 meletakkan dasar pada pergerakan menuju kemerdekaan Bangsa Indonesia 17 Agustus 1945.

Sumpah Pemuda 1928 memberi makna tersendiri dalam refleksi kebangsaan saat ini, dimana Pemuda hari ini adalah Tokoh-Tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang.

Untuk itu, apa yang dilakukan oleh Pemuda di masa sekarang, juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Demikian disampaikan Pj. Sekdaprov Sulut, Praseno Hadi saat mengutip sambutan Menpora RI, Zainudin Amali saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 di Halaman Kantor Gubernur, Jumat 28/10/2022.

Zaenudin Amali mengajak masyarakat Indonesia bersyukur, karena pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong Pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,” ajak Zainudin Amali.

Dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” Zainudin Amali memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, karena dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” kutip Praseno Hadi.

“Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,” sambungnya.

Usai upacara, Pj Sekdaprov Praseno Hadi melepas Kontingen Sulut yang mengikuti Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) di Palu Sulawesi Tengah.

Nampak hadir Anggota DPR RI Adriana Dondokambey, Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator Pemprov Sulut, Perwakilan KNPI, Pelajar dan Atlit-atlit yang akan mengikuti POPNAS.(sulutonline)

Telah dibaca: 2984

Budi Rarumangkay

Berita sejenis