Arsip

Pjs Fatoni Resmikan Makam Riedel Manuel Manoppo

Manado-Pjs Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Kotamobagu sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah yang digelar di Rumah Dinas Walikota Kotamobagu, Kamis (29/10/2020).

Menariknya, pada kunjungan pertama Pjs Fatoni ke Bolmong, Pjs Fatoni berkesempatan mengunjungi makam para raja Bolaang Mongondow sekaligus meresmikan Makam Ridel Manuel Manoppo di Desa Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow.

Makam raja-raja Kerajaan Bolaang Mongondow tersebut terletak di Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur.

Tempatnya mudah ditemukan karena berada tepat di depan Jalan Raya Kelurahan Matali mengarah ke Kelurahan Pobundayan dan tak jauh dari Masjid DC Manoppo.

Selain itu ada juga makam Paduka Raja Datu Cornelius (DC) Manoppo yaitu raja pertama Bolaang Mongondow, makam ayahanda DC Manoppo yaitu Aboe Dangoe Manoppo yang sudah ada di sana sejak 1867 yang sekaligus menjadi makam pertama yang berada di kompleks itu.

Dan juga ada beberapa makam, di antaranya anak, cucu, menantu, sampai kerabat terdekat raja.

Diketahui, DC Manoppo merupakan raja pertama yang memerintah kerajaan Bolaang Mongondow sejak 3 Oktober 1905 sampai ia wafat pada 12 Februari 1927.

Peninggalan DC Manoppo yang sampai saat ini masih dilestarikan di Bolaang Mongondow raya (BMR), termasuk Kota Kotamobagu, yakni tata letak lapangan.

Beliau yang mengusulkan perencanaan tata letak lapangan.  (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 47
Budi Rarumangkay

Budi Rarumangkay

Berita sejenis