Arsip

Putra terbaik Sulawesi Utara Ernesto Octavianus Kandouw Dilantik Presiden Jokowi

Jakarta – Putra terbaik Sulawesi Utara (Sulut) Ernesto Octavianus Kandouw S.tr.K, dinyatakan lulus dari Akademi Polisi (Akpol) yang diupacarakan melalui prosesi pelantikan perwira TNI dan Polri tahun 2022 oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/07/2022).

Pelantikan diikuti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Andika Perkasa.

Ernesto yang merupakan putra tercinta dari Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Octavianus Kandouw dan istri tercinta Dr Devi Kandouw-Tanos MARS, ini lulus dengan menyandang pangkat Inspektur Dua Polisi (Ipda).

Upacara pelantikan dipimpin komandan upacara Kolonel Laut P Arya Delano. Diikuti dengan pembacaan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 44 TNI Tahun 2022 dan Kepres Nomor 45 Polri Tahun 2022 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni akademi TNI dan akademi kepolisian menjadi perwira TNI dan perwira Polri oleh Sekretaris Militer Marsda TNI M. Tonny Harjono.

“Menetapkan, mengangkat taruna dan taruni lulusan Akademi Militer Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Polisi, menjadi Perwira TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polri dengan pangkat korps dan NRP seperti yang tersebut di belakang nama masing-masing,” kata Tonny.

Kemudian, Jokowi memimpin jalannya sumpah jabatan para perwira TNI. “Bahwa saya akan penuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya, terhadap bangsa Indonesia,” kata Jokowi diikuti peserta yang dilantik.

Pelantikan dan pengambilan sumpah diikutu 754 orang calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Pelantikan dilakukan dengan upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2022.

Para perwira yang dilantik terdiri atas 292 perwira dari Akademi Militer (Akmil), 107 perwira dari Akademi Angkatan Laut (AAL), 109 perwira dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 246 perwira dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Pelantikan ini diikuti oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Andika Perkasa.

Ernesto yang baru dilantik, selanjutnya mendapatkan tugas di Yogyakarta.

“Ernesto akan bertugas di Yogyakarta,” ungkap Wagub Steven Kandouw saat dikonfirmasi.

Sukacita keluarga besar Kandouw-Tanos menyambut kelulusan Ernesto dilangsungkan di Pondok Indah Mall Jakarta, yang juga turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama istri Rita Maya Dondokambey Tamuntuan.(sulutonline)

Telah dibaca: 10

Budi Rarumangkay

Berita sejenis