PWI Apresiasi Gubernur Olly dan Wagub Steven Terkait Rehabilitasi Gedung PWI Sulut

f702daa0-3b28-4177-806e-b50e26e0b6d9.jpeg

Manado – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberikan apresiasi kepada Gubernur Olly Dondokambey, SE -Wakil Gubernur Drs  Steven Kandouw, yang telah membantu memperjuangkan Gedung PWI direhabilitasi lewat APBD 2023.

“Tentu saya menyampaikan apresiasi kepada penasehat PWI Sulut Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw selaku penasehat PWI Sulut yang memperjuangkan Gedung PWI Sulut yang terbakar sekarang ini sedang dalam tahap renovasi,” kata Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan mengutip kalimat Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, di Manado, Kamis (31/09/2023).

Menurut Voucke, Ketum PWI Pusat mengimbau sinergitas pemerintah provinsi Sulawesi Utara dan PWI lembaga Pers terus dibina, tanpa mengenyampingkan tupoksi  wartawan sebagai  kontrol sosial.

“Saya mengharapkan dengan direhabilitasinya Gedung PWI Sulut, para anggota dan pengurus PWI Sulut sudah mempunyai kantor sekretariat yang layak huni,” ujar Atal.

Sementara itu Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan mengatakan, kantor PWI Sulut milik semua anggota PWI Sulut yang berjumlah hampir 800-an wartawan tersebar di 15 Kabupaten/kota.

“Kita patut bersyukur atas anugerah Tuhan lewat Bapak Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw sebagai penasehat sehingga Gedung PWI yang terbakar 2021 lalu bisa direhabilitasi tahun 2023,” katanya.

Voucke mengatakan, Gedung PWI yang sebelumnya tiga lantai, kini tinggal  dua lantai. Sebab, sewaktu terbakar  lantai tiga sesuai hasil survei teknis  instansi terkait bangunannya tak layak direhabilitasi lagi.

“Dua lantai saja direhabilitasi sudah baiklah. Yang pasti, pengurus PWI Sulut sudah  bisa berkantor tahun 2023,” katanya.

Voucke mengaku ingat kalimat Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE, sewaktu Rakerda PWI se-Sulut, 24 September 2022, di Kota Tomohon.

“Saat Rakerda PWI se-Sulut, pak Gubernur sebagai penasehat di hadapan wartawan  peserta Rakerda mengatakan  Kantor PWI Sulut saya lihat tidak layak huni. Supaya pengurus dan anggota PWI rasa nyaman bekerja tahun 2023 kantor akan dibangun,”  kata Gubernur Olly Dondokambey saat itu spontan disambut aplaus  peserta Rakerda.

Menurut Voucke, rehabilitasi Gedung PWI Sulut menelan anggaran APBD 2023 sejumlah Rp 1,3 miliar.

“Rp 1,3 miliar itu dialokasikan lewat Dinas Pekerjaan Umum. Saya berterima kasih juga kepada instansi tehnis Dinas Pekerjaan Umum Sulut yang terus mengawasi sehingga rehabilitasi Gedung PWI Sulut dikerjakan sesuai jadwal,” ujarnya.

Voucke menilai, rehabilitasi Gedung PWI Sulut modelnya bisa menjadi salah satu ikon  gedung lembaga Pers (PWI)  tercantik di Indonesia.

“Saya diundang peresmian Gedung PWI Sulawesi Selatan. Tapi, itu bangunan bekas rumah tiga lantai milik seorang pengusaha  dijadikan kantor PWI dibayar lewat dana hibah Rp 5 miliar oleh Pemprov Sulawesi Selatan,” ujarnya. (*/ SulutOnline )

Telah dibaca: 12

Sulut Online

Berita sejenis