Sambut Harlah Pancasila, DisDikNas Minut Siap Terapkan Mapel Pendidikan Moral Pancasila

Manado – Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni ini, DisDikNas Minut siap menyambut kembali Mata Pelajaran Pendidikan Moral Pancasila yang akan diterapkan oleh Pemerintah khususnya DepDikNas pada bulan Juni-Juli mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kadis DikNas Kab.Minut, Ibu Dra. Petra Enoch M.Pd yang telah ditunjuk oleh Bupati Joune Ganda menggantikan Kadis sebelumnya, Olfi Kalengkongan pada pertengahan Maret lalu melalui penyerahan surat Plt oleh Sekda, Revino Dondokambey.

Menurut Petra pada Senin siang, 30 Mei 2022 bahwa Pendidikan Moral Pancasila adalah sangatlah penting dalam mengajarkan pemahaman pada anak didik akan karakter Pancasilais, cinta tanah air, bangsa dan negara serta menghargai nilai-nilai luhur para pahlawan bangsa yang telah berjuang bagi negara dan bangsa.

“Kita harus selalu tanamkan kecintaan anak didik terhadap tanah air Indonesia ini”, pungkasnya.
Ia pun menekankan bahwa pendidikan moral, karakter dan budi pekerti sangatlah penting bagi generasi penerus bangsa, anak didik kita ini.

“Khususnya anak didik kami di Kabupaten Minut, kita harus lebih meningkatkan rasa keimanan pada Tuhan dengan taat beribadah”, imbuhnya.

Disamping itu menurutnya membangun kreatifitas yang positif sebagai antisipasi dampak negatif kemajuan IT di era digital ini, sebagai contoh banyak aplikasi dalam gadget atau telepon seluler seperti game dan sebagainya haruslah diperkuat lagi disiplin pengawasan internal di keluarga maupun pengawasan eksternal di sekolah dan lingkungan sosial lainnya.

Petra pun menekankan, ” Pengajaran yang menyesatkan anak didik harus diwaspadai, seperti arus deras informasi ideologi-ideologi lain selain Pancasila yang tidak sesuai dengan falsafah hidup bangsa Indonesia”

Ia menegaskan bahwa guru sebagai orang tua kedua di sekolah yang terus konsisten memberi pengawasan bagi anak didik disamping membina dan mengajar agar berprilaku yang senantiasa baik. Menurutnya semua ada
dalam Pendidikan Moral Pancasila.

Dalam memperingati HarDikNas 2 Mei lalu, ia pun berpesan pada segenap anak didik di Minut untuk selalu terus menjadi anak bangsa yang berkarakter Pancasilais dan berbudi pekerti luhur.(HD. Febiyanto Harmonie)

Telah dibaca: 18

Budi Rarumangkay

Berita sejenis