Arsip

Sejarah Kabinet Kebersamaan, Tokoh Muslim dan Bolmong Apresiasi ODSK

 


Manado-Komitmen dan utamakan Kebersamaan dengan tidak melihat suku, agama atau golongan.
Tetap menjadi harga mati dan terus dilakukan Gubernur Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) dalam melaksanakan amanat rakyat Bumi Nyiur Melambai.

Teranyar untuk pertama kalinya dalam sejarah kepemimpinan gubernur di Sulut putra Bolmong Raya atau keterwakilan Muslim terbanyak diakomodir di jajaran Eselon 2.

Di era OD-SK tercatat ada 5 birokrat yang dipercayakan di deretan Pejabat Tinggi Pratama.

Yaitu, Praseno Hadi (Asisten 1 Pemprop), Limi Mokodompit (Kadis Lingkungan Hidup), Asripan Nani (Kadis Perpustakaan), Lukmanul Lapadengan (Karo Ekonomi) dan Abdullah Mokoginta (Karo Adminstrasi Pimpinan).

Belum lagi sejumlah tokoh umat Muslim Sulut yang dipercaya sebagai Staf Khusus Gubernur, yakni KH Wahab Gafur (Ketua MUI Sulut), Ustad H Yasser Bachmid. Hi Gunawan Lombu, Hi Husen Tuahuns, Firasat Mokodompit, Makmun Djafaara, Moh Dino Gobel.

Kepemimpinan berlandaskan kualitas kerja dan sarat nuansa kebersamaan yang mengimplementasikan Laboratorium Kerukunan OD-SK ini pun mengundang apresiasi sejumlah kalangan, khususnya tokoh umat Muslim dan Bolmong Raya.

“Tentunya mewakili warga Bolmong Raya, kami ucapkan terima kasih pada pak Gubernur Olly Dondokambey dan pak Wagub Steven Kandouw yang telah mempercayakan putra Bolmong Raya untuk menjadi pejabat di Pemprop Sulut,” kata Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow.

“Kepercayaan ini sungguh luar biasa karena diakomodirnya 4 pejabat Bolmong Raya di jajaran eselon 2 Pemprop ini, adalah yang terbanyak dalam sejarah kepemimpinan gubernur di Sulut,” tambah Bupati Yasti.

Apresiasi yang sama juga diungkapkan tokoh Umat Islam Sulut yakni Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gafur atas kepercayaan OD-SK terhadap para birokrat Muslim.

“Alhamdullilah dan patut disyukuri jika kinerja para birokrat kita semakin mendapat kepercayaan dari Gubernur Olly dan Wagub Steven. Tentunya ini tetap mengacu dari aturan serta kemampuan para pejabat yang dipercayakan, namun juga tetap mengedepankan kebersamaan hingga keterwakilan,” terang KH Abdul Gafur.

Komentar positif juga datang dari Tokoh Bolmong Raya yang juga mantan pejabat Pemprop Sulut Rudi Mokoginta.

“Syukur alhamdulliah atas kepercayaan dari pak Gubernur Olly dan pak Wagub Steven, ini menunjukkan bahwa kemampuan para pejabat asal Bolmong Raya mendapat apresiasi dari pimpinan,” ucap sosok yang purna tugas sebagai Asisten 2 Pemprop Sulut itu.

Pun juga pujian diungkapkan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PNCU) Kota Tomohon Zamroni Khan.

“Kepemimpinan OD-SK patut diapresiasi karena selalu mengedepankan toleransi dan kebersamaan dalam berbagai hal. Ini juga mengimplementasikan Sulut adalah laboratorium Kerukunan antar umat beragama,” jelas Ketua Zamroni Khan. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 87

Budi Rarumangkay

Berita sejenis