Arsip

Wagub Kandouw: Berkat Usulan Pak Olly Tol Manado-Amurang dan Jembatan Lembeh Disetujui Pusat


Manado-Selain fokus pada penanganan Covid 19, Pemprov Sulut di bawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, tetap juga memperhatikan soal pembangunan di daerah.

Dan kabar gembira datang pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional tahun 2020 yang digelar melalui video conference Senin (28/04/2020) tadi, yaitu rencana pembangunan Jalan Tol Manado-Amurang dan pembangunan Jembatan Lembeh telah disetujui pusat.

“Ini berkat usulan dan perjuangan pak Olly selaku Gubernur Sulut, hingga rencana pembangunan jalan tol Manado-Amurang dan Jalan Jembatan Lembeh disetujui pada Musrenbang Nasional tahun 2020 ini,” ungkap Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Lanjut Wagub Kandouw, perjuangan Gubernur Olly Dondokambey memang luar biasa karena bersamaan dengan Pandemi Covid 19 saat ini.

“Walaupun disituasi sulit dengan adanya Pandemi Covid 19, pak gubernur tetap melakukan lobi-lobi ke pusat, di satu sisi pak gubernur juga tetap fokus dalam penganganan Covid 19 di daerah. Ini perjuangan luar biasa dari seorang pemimpin,” terang Wagub Kandouw.

Lebih jauh kata mantan Ketua DPRD Sulut ini, bahwa hasil Rakorgub usulan yang diajukan Bappeda Provinsi sebanyak empat usulan (tiga usulan major project dan satu usulan prioritas nasional). “Dan empat usulan dibahas dalam rakortekrenbang 2020 dan dua usulan diakomodir,” tandasnya.

Pun dibahas secara lanjut pembangunan jembatan Pulau Karakelang-Pulau Salibabu, Jalan lingkar serta Kawasan Industri Mongondow (Kimong).

Adapun sebelumnya pada Rapat Koordinasi Perencanaan Teknis (Rakorpertek) di Surabaya lalu, Gubernur Olly mengusulkan 4 proyek yang ditargetkan mulai tahun 2021 nanti, yaitu:

1. Pembangunan jalan lingkar sekaligus jembatan penghubung dua pulau Salibabu-Karakelang di Kabupaten Talaud.

2. Pembangunan jalan tol Manado-Amurang dengan melintasi Minut-Tomohon-Manado-Minsel.

3. Pembangunan jembatan yang menghubungkan Kota Bitung-Pulau Lembeh.

4. Pembangunan Kawasan Industri Bolmong (Kimong).

Dan pemerintah pusat mengakomodir lewat Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021. Dan total 45 proyek yang sudah diusulkan Pemprov dan masuk dalam RKP hingga dibahas bersama dengan kementerian teknis terkait masing- masing kabupaten dan mendapatkan tiga usulan proyek untuk tahun 2021. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 353
Budi Rarumangkay

Budi Rarumangkay

Berita sejenis