Wagub Steven Sesalkan Ketidakhadiran Tiga OPD Di Rapat Temuan BPK

Manado – Teguran keras disampaikan oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat dirinya mengetahui ada tiga organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Sulut yang tidak hadir pada Rapat Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK RI bertempat di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur Sulut, Selasa (25/10/2022).

ketiga pimpinan OPD tidak hadir dalam kegiatan tersebut yakni Dinas PUPRD Sulut, Dinas Kesehatan Sulut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Herannya lagi ketidakhadiran ketiga OPD tersebut tidak ada satu pun perwakilan yang datang mewakili kepala OPD.

Wagub Steven Kandouw mengkritik dan menyesali ketidakhadiran ketiga Kepala OPD.

“Ketidakhadiran OPD dalam kegiatan seperti ini, tentunya akan berpengaruh terhadap OPD itu sendiri. Saya heran dengan tiga pimpinan OPD tersebut yang tak hadir saat ini. Ini menjadi bahan evaluasi penilaian dari pak Gubernur Olly. Saya ingatkan lagi kegiatan ini sangat penting apalagi menindaklanjuti hasil laporan temuan BPK,” tegas Wagub Sulut itu.

Sisi lain, Wagub Kandouw mangatakan dalam suatu proses pelaksanaan program pembelanjaan harus dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban.

“Itu menjadi satu kesatuan, bukan parsial-parsial,” tegas Wagub Kandouw.

Untuk itu, pertemuan ini penting sesuai petunjuk Gubernur Olly Dondokambey, temuan yang didapati, baik itu dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maupun Irjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republil Indonesia agar segera ditindaklanjut.

“Karena laporan Pak Inspektur, akhir tahun anggaran kita harus diingatkan lagi untuk satu sisi dituntut percepatan penyerapan. Tapi di sisi lain kita dituntut untuk pertanggungjawaban yang akuntable,” tuturnya.(sulutonline)

 

Telah dibaca: 759

Budi Rarumangkay

Berita sejenis