Arsip

Disambut Gubernur Olly, Wagub Sumatera Barat Puji Kerukunan Sulut

Manado-Wakil Gubernur Sumatera BaratAudy Joinaldy mengadakan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara, Senin (28/2/2022).

Wagub Sumbar disambut Gubernur Olly Dondokambey di Kediaman Gubernur, Tonsaru, Tondano, Minahasa.

Hadir dalam pertemuan tersebut Sekprov Sulut Asiano Gamy Kawatu, Ketua KADIN Rio Dondokambey, Asisten I Denny Mangala, Kadis Kominfo Steven Liow, Kadis Sosial Rinny Tamuntuan dan Kadis Kebudayaan Jani Lukas.

Pertemuan dengan kesan santai itu berlangsung hangat.

Wagub Sumatera Barat pun memuji kerukunan dan toleransi di Provinsi Sulut.

Kedatangan Audy Joinaldy dalam rangka ziarah dan persiapan untuk penataan makam Tuanku Imam Bonjol di Lotta, Kabupaten Minahasa.

Selain itu juga kedua pemimpin daerah itu membahas sektor Pariwisata. Wagub Sumbar kagum dengan Sulut yang punya Kawasan Ekonomi Khusus Likupang.

Usai pertemuan dengan Gubernur Olly Dondokambey, Wagub Sumbar dan rombongan bertolak ke Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.

Pemprov Sumbar bekerja sama dengan Pemprov Sulut serta Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek, berencana melakukan Penataan Lingkungan Makam Tuanku Imam Bonjol

Selaim itu pihak yang terlibat Balai Pelestaraian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dam BPCB Gorontalo, Balai Pelstarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar.

Rombongan Wagub Sumbar ikut didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Jani Lukas dan Kepala Dinas Sosial Rinny Tamuntuan.

Dikutip dari wikipedia, Tuanku Imam Bonjol merupakan sosok pahlawan nasional, ulama, pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda dalam peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803-1838.

Tuanku Imam Bonjol diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan SK Presiden RI Nomor 087/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.

Tuanku Imam Bonjol menyerah kepada Belanda pada Oktober 1837. Imam Bonjol dibuang ke ke Cianjur, Jawa Barat.

Kemudian dipindahkan ke Ambon dan akhirnya ke Lotta, Minahasa, dekat Manado.

Di tempat terakhir itu ia meninggal dunia pada tanggal 8 November 1864. (*/tim/sulutonline)

 

 

Telah dibaca: 11

Budi Rarumangkay

Berita sejenis