Mahfud MD dan Tito Karnavian Kunjungi Perbatasan Sulut-Philipina

Manado – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan alasan keduanya datang mengunjungi wilayah perbatasan Negara Indonesia dan Philipina di Sulawesi Utara.

“Saya dan Mendagri biasa rutin mengunjungi wilayah perbatasan sejak dua tahun terakhir,” kata Menkopolhukam Mahfud saat konferensi pers di Lobi Kantor Gubernur, Senin (23/05/2022) malam.

Kehadiran Mahfud dan Tito di Kantor Gubernur guna memberikan arahan kepada para kepala daerah, TNI/Polri se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Memang Kunker Mahfud dan Tito ke Sulut untuk menjalankan sejumlah agenda termasuk mengunjungi wilayah perbatasan Negara di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Hal ini diakui sebagai agenda penting guna menyikapi isu maupun berbagai peristiwa yang terjadi, khususnya soal keamanan.

Mahfud bicara terkait keamanan di wilayah perbatasan Negara di Sulut menyusul ditemukannya sejumlah senjata api (senpi) di rumah warga yang kini tengah ditangani kepolisian.

 

“Untuk kasus itu tengah ditangani Polri, sesuai dengan aturan yang ada, karena berkaitan dengan pelanggaran hukum. Itulah sebabnya, hari ini dan sejak dua tahun lalu saya dan Mendagri datang ke daerah-daerah perbatasan untuk menyikapi berbagai peristiwa pelanggaran hukum, bukan hanya senpi saja,” jelasnya.

Sementara Tito Karnavian mengatakan, pihaknya datang mengecek kondisi yang ada di wilayah perbatasan.

“Kunjungan yang lalu kan ke Natuna. Nah, sekarang ke Miangas,” katanya.

Diinformasikan, Menko Polhukam dan Mendagri, Selasa (24/5/2022) hari ini, mengunjungi Kepulauan Talaud untuk mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2022 di Melonguane.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan simbolis bantuan kepada masyarakat perbatasan, penandatanganan prasasti program kegiatan 2022, penandatanganan MoU antara Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud tentang program pembangunan dan pengelolaan rumah sehat Baznas Miangas, peletakan batu pertama pembangunan gedung perpustakaan umum daerah 2022,

peninjauan vaksinasi dan pelayanan Dukcapil dan penanaman pohon di kompleks Kantor Bupati.

Menko Polhukam dan Mendagri juga akan melakukan dialog singkat bersama masyarakat saat berada di wilayah itu. (sulutonline)

Telah dibaca: 20

Budi Rarumangkay

Berita sejenis