Arsip

MOR-HJP Peduli Pedagang: Turunkan Sewa Lapak Lalu Tata Kelola Pasar


Manado-Kepedulian yang besar kepada pedagang di pasar tradisional di Kota Manado dan warga kota pada umumnya, dinyatakan pasangam Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw (MOR-HJP).

Hal ini terlihat pada debat publik Calon Walikota (Cawali) Manado, yang berlangsung di Swissbell Hotel Manado, Selasa (17/11/2020).

MOR mengatakan salah satu program untuk pedagang adalah akan menurunkan harga sewa kios pasar.

Dikatakan sosok rendah hati, jujur, peduli dan merakyat ini, pertama-tama yang dilakukan adalah memperhatikan kesejahteraan penjual.

“Caranya MOR-HJP akan menurunkan sewa lapak kios dan semua biaya yang ada di pasar yang dikenakan kepada para penjual agar supaya penjual di sana bisa mendapatkan keuntungan di era Covid yang ada pada saat ini, bukan dengan beban yang lebih besar bukan dengan biaya dari pagi siang sampai malam pun ada biaya-biaya yang perlu untuk di kita buat agar sekarang menjadi satu pintu satu biaya,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut MOR, pasar dibenahi dengan tata kelola yang baik. Karena diakui profesional muda dan berpengalaman ini, pasar yang ada pada saat ini tentunya sudah tidak layak baik bagi penjual maupun untuk pembeli.

Belum lagi, lanjutnya, di era pandemi Covid-19, tentu ketambahan lagi suatu spesifikasi yang harus diakukan agar supaya pasar ini bisa dijalankan protap-protap kesehatan ada hal-hal yang harus kita lakukan ke depan.

“Kalau penjualnya sudah kita tata maka fasilitas infrastruktur yang ada di pasar harus kita atur dengan baik agar supaya bisa tercipta kenyamanan baik penjual maupun pembeli yang ada,” jelasnya.

Menurut MOR, dengan dilakukan tata kelola yang baik maka pasar bisa menunjang pariwisata yang ada ke depan.

“Kita semua disini sepakat bahwa Manado adalah kota pariwisata sehingga semua perekonomian yang ada lebih kita fokuskan kepada pariwisata termasuk pasar.

Pasar yang ada harus menunjang pariwisata sehingga turis-turis bisa nyaman dan berbelanja, sehingga ke depan ini perlu kita tata dan atur dengan baik yang sudah dijalankan sekarang ini adalah dengan kondisi yang ada kita harus perbaiki ke depan ya,” paparnya.

Karena itu, ditegaskan Wakil Walikota yang sedang cuti ini, jika Tuhan berkenan MOR-HJP terpilih, akan mengubah penataan pengelolaan pasar menjadi lebih baik.

“Kalau sekarang tentu fungsi saya hanya sampai kepada pengawasan dan bukan sampai kepada pengambil keputusan, sehingga apapun yang dilakukan oleh pengambil keputusan saat ini tentunya tetap saya masih dukung karena saya adalah wakil walikota yang menjabat saat ini,” tandasnya. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 3
Budi Rarumangkay

Budi Rarumangkay

Berita sejenis