Arsip

MOR-HJP Siapkan Tempat Pemakaman Umum Gratis Bagi Warga Kurang Mampu


Manado-Berbagai kemudahan akan diberikan Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw (MOR-HJP) ketika terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Manado.

Salah satunya terkait kematian warga di kota Manado. Di mana pasangan calon (paslon) nomor urut 3 ini tidak hanya memprogramkan pemberian dana santunan kematian yang selama ini sudah dan sedang diwujudkan MOR bersama Walikota GS Vicky Lumentut.

Paslon profesional muda dan berpengalaman ini juga akan menyiapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) gratis untuk membantu warga kurang mampu di kota Manado.

“Saya dan pak HJP sudah menyiapkan program untuk membantu warga kurang mampu. Kami tak hanya melanjutkan program dana santunan duka bagi keluarga yang berduka, tapi juga kami akan menyiapkan TPU gratis,” ujar MOR saat bersilaturahmi dengam warga Mahawu, Kecamatan Tuminting, kota Manado disambut aplaus warga yang hadir belum lama ini.

Menurut sosok yang rendah hati, jujur, peduli dan merakyat ini, selama ini warga mengeluh bahwa keluarga yang berduka masih dibebani biaya pemakaman di TPU. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Jika Tuhan menghendaki saya dan pak HJP memimpin kota Manado, kami akan membebaskan warga dari biaya pemakaman jika salah satu anggota keluarganya meninggal dunia. Kami aka siapkan TPU gratis,” tandas MOR.

Sebelumnya masalah ini sudah diangkat dalam Rapat Pansus Penataan dan Pengelolaan TPU Pemkot Manado yang berlangsung di Kantor DPRD Manado, Senin (28/09/2020).

Di mana Anggota DPRD Manado Jurani Rurubua SST mengungkapkan bahwa, di Manado warga yang anggota keluarganya meninggal dibebani biaya makam. Di mana untuk makam ukuran 2,5 x1,5 meter biaya VIP Utama sebesar Rp3 juta, biaya VIP Rp1,5 juta dan standar Rp700 ribu.

Menurut Jurani, meski biaya ini sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2011 di Pasal 40, namun ia menilai kewajiban membayar biaya makam ini sangat membebani warga, terlebih yang kurang mampu.

Karena itu ia pun meminta agar Pemkot Manado menggratiskan biaya makam di TPU untuk warga Kota Manado yang kurang mampu. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 153
Budi Rarumangkay

Budi Rarumangkay

Berita sejenis