Arsip

Presiden Jokowi Resmikan Tol Manado – Bitung, Ruas Danowudu – Bitung

 

Manado– Setelah pada bulan September 2020 lalu tol Manado – Bitung ruas Danowudu – Manado diresmikan langsung secara virtual dari istana kepresidenan Bogor, Jumat 25/2/2022. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo hadir secara langsung di Kota Bitung guna meresmikan tol Manado – Bitung ruas Danowudu – Bitung sepanjang 13,4 kilometer.

Peresmian didahului oleh sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Gubernur mengatakan bahwa waktu tempuh Bitung Manado yang selama ini kurang lebih 1,5 jam, sekarang dapat ditempuh hanya dengan 30 menit saja. Ini menjadi satu bukti bahwa presiden serta pemerintah pusat membangun indonesia secara merata. Gubernur juga mengatakan bahwa walaupun dimasa pandemi saat ini, namun pertumbuhan ekomoni Sulut terus naik.

Jokowi dalam sambutanya mengatakan dengan tuntasnya ruas Danowudu – Bitung maka jalan tol Manado – Bitung telah terhubung secara penuh dengan total panjang 39,8 km dan siap untuk dimanfaatkan, serta mendukung seluruh aktifitas masyarakat di provinsi Sulawesi Utara.

“Jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang dari Manado ke pelabuhan internasional Bitung juga nantinya akan diarahkan ke daerah Likupang setelah selesai semuanya “ ucap Jokowi.

Presiden berharap dari pembangunan ini muncul titik pertumbuhan ekonomi baru di Sulawesi Utara melebihi dari nasional, karena di tahun 2021 Sulawesi Utara diatas dari pertumbuhan nasional.

Usai memberikan sambutan, Presiden didampingi kementrian terkait dan disaksikan pemerintah provinsi Sulut, menekan tombol sirine serta penandatanganan prasasti.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan jalan tol Manado – Bitung ruas Danowudu – Bitung sepanjang 13,5 km.” ungkap Jokowi ketika meresmikan jalan Tol Manado-Bitung.

Selanjutnya presiden beserta rombongan secara terbatas meninjau jalan tol Manado – Bitung. ( tim/ sulutonline )

Telah dibaca: 14

Budi Rarumangkay

Berita sejenis