Wagub Kandouw Resmikan Polnustar, Berharap Lahir Lulusan Berkualitas

Manado – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Selasa (31/01), Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw, menghadiri peresmian Polnustar.

Dalam sambutannya dihadapan Dirjen Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia ibu Dr. Ir. Kiki YuliatiYuliati. Ketua DPRD Sulut, Fransiskus A Silangen dan Penjabat Bupati Sangihe, dr Riny Tamuntuan dan unsur pimpinan daerah serta tokoh masyarakat kabupaten Sangihe, Wagub Kandouw menjelaskan, Pembangunan di daerah selalu diukur dan evaluasi dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Lanjutnya, ada tiga dimensi masing-masing kesehatan, pendidikan dan kelayakan hidup. Dan proxitas dan caulitas dengan ketiga dimensi tersebut antara lain adalah keberadaan Politeknik Nusa Utara ini.

“Jadi sudah jelas ini membantu Sulut dan Sangihe untuk meningkatkan keberadaan Indeks Pembangunan Manusianya. Itu idealnya,” urai Wagub Kandouw.

Diungkapkannya, saat ini jumlah penduduk Sangihe sekitar 400 ribuan dan Sulut 2,7 juta jiwa, berarti sekitar 1 persen dari seluruh penduduk Indonesia berjumlah 270-an juta jiwa dan cara pandang yang 0,5 persen.

“Sudah menjadi doktrin Pak Presiden bahwa bangsa ini harus mampu bersaing di dunia internasional. Nah, salah satu cara terbaik, tidak lain adalah melalui peningkatan dunia Pendidikan,” ujar Wagub.

Wagub juga optimis melalui Polnustar ini akan menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik di masa depan.

Pendidikan harus sama kualitasnya, Itu menjadi tugas berat dari pendidik. Civitas akademika jangan sia-siakan. Politeknik diseluruh Indonesia hanya 40 dan salah satunya di Nusa Utara ini.

“Fokus dengan apa yang telah ada. Jangan belum apa-apa sudah mau bikin Fakultas Kedokteran. Tiga ini sudah luar biasa yakni keperawatan, perikanan dan Informasi Teknologi. Mari fokus,” papar Wagub Kandouw yang dikenal sebagai lulusan Fisipol Universitas Indonesia (UI).

Selain itu, Wagub Kandouw menegaskan dari delapan program prioritas Pak Gubernur Olly Dondokambey, nomor satu adalah pembangunan SDM.

“Jadi tidak usah diragukan komitmen dari pusat dan provinsi untuk pendidikan. Diharapkan lahir lulusan-lulusan berkualitas yang mumpuni nantinya akan membantu pembangunan daerah, mengangkat harkat dan martabat masyarakat. Atas nama Pak Gubernur dan seluruh masyarakat Sulut, mengucapkan selamat dan tetap semangat untuk lebih baik kedepannya,” tutup Wagub Kandouw yang juga diketahui merupakan mantan Ketua DPRD Sulut.(sulutonline)

Telah dibaca: 2349

Budi Rarumangkay

Berita sejenis