BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Sulut Hingga Minggu 5 Februari 2023, OD-SK Imbau Warga Waspada

Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) mengimbau warganya untuk mewaspadai cuaca ekstrim yang berpotensi melanda daerah ini.

Hal ini sesuai dengan imbauan yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas II (SMK I) Sam Ratulangi (Samrat) Manado terkait peringatan dini harian cuaca tujuh hari ke depan di Sulut, Selasa (31/1/2023).

“Diimbau bagi warga yang ada atau tinggal di daerah-daerah yang rawan terdampak banjir dan tanah longsor untuk berhati-,hati dan waspada akan kemungkinan cuaca ekstrim yang bisa melanda, sesuai surat edaran BMKG,” pesan Gubernur Olly Dondokambey, yang juga mengintruksikan SKPD terkait, baik Pemprov hingga kabupaten kota untuk selalu siap siaga dan terus memantau situasi serta kondisi di lapangan.

Adapun pun rilis yang diterima media ini, BMKG Sulut mengimbau untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat maupun petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Sulut.

“Peringatan dini tujuh harian Provinsi Sulut berlaku Senin (30/1/2023) sampai Minggu (5/2/2023),” pesan Ben Arther Molle STr selaku Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Koordinator Bidang Observasi dan Informasi.

Berikut sejumlah wilayah imbauan BMKG Sulut berpotensi hujan hujan sedang-lebat di Sulut:

1. Senin (30/1/2023): Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong), Kabupaten Bolmut, Kabupaten Boltim, Kabupaten Bolsel, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

2. Selasa (31/1/2023): Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Minahasa, Minut, Minahasa Selatan, Bolmong, Bolsel, Bolmut, dan Kepulauan Sitaro.

3. Rabu (1/2/2023): Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa, Minut, Minsel, Mitra, Bolmong, Bolsel, Bolmut, Boltim, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

4. Kamis (2/2/2023): Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, Kotamobagu, Minsel, Minut, Mitra, Bolmong, Bolmut, Bolsel, Boltim, dan Kepulauan Sitaro.

5. Jumat (3/2/2023): Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, Kotamobagu, Minsel, Minut, Bolmong, Bolmut, dan Kepulauan Sitaro.

6. Sabtu (4/2/2023): Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, Minsel, Minut, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

7. Minggu (5/2/2023): Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, Minsel, Minut, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

Perlu diketahui, informasi dari BMKG Sulut ini dikeluarkan pada Sabtu (28/1/2023), yang tertanda W. Lucky Kawuwung SSi selaku Prakirawan.(sulutonline)

Telah dibaca: 59

Budi Rarumangkay

Berita sejenis