Di Hari Pendidikan Nasional, Dikda Tampilkan Sejumlah Karya SMK/SMA

Manado – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara (Sulut) menampilkan sejumlah karya dari siswa-siswi SMK dan SMA perwakilan Sulut di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Selasa (2/5/2023).

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw ikut memuji karya-karya tersebut.

“Ternyata potensi SDM (Sumber Daya Manusia) kita terutama anak-anak tingkat SMK luar. Mereka ternyata banyak punya keahlian dan siap dipakai,” tutur Wagub Kandouw usai meninjau semua stand kepada awak media.

Menurut wagub, keahlian siswa-siswi ini modal untuk ke depannya dalam memasuki dunia kerja.

“Mereka tidak perlu sekolah lebih tinggi tapi mereka bisa self endorsment dari dia agar mampu berdiri sendiri,” terang wagub sembari membeberkan potensi yang dipamerkan seperti kelistrikan, tata boga, pembengkelan.

“Tadi saya senang MoU dengan DAW (Data Adicipta Wisesa). Perusahaan besar tahu persis kapasitas SMK yang lulus. Setiap tahun 30 siswa mereka rekrut. Bahkan, sebelum lulus sudah ada praktek lapangan di tempat. Ini sangat skill labor,” terangnya.

Wagub juga memuji keahlian yang dihadirkan terkait dengan perbankan.

“Memang (pelayanannya) baru teller kerja sama dengan BNI. Tapi ini bagus, sudah tahu menghadapi orang,” tuturnya.

Wagub Kandouw mengharapkan potensi tersebut diasa hingga berguna ke depan.

“Mudah-mudahan potensi ke depan ini duplikasi, supaya betul boleh jadi andalan kita,” tukasnya.

Sebelumnya, peringatan Hardiknas 2023 ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII, dengan digelarnya upacara bendera di Lapangan Kantor Gubernur Sulut.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Steve Kepel, Forkopimda, jajaran Pemprov Sulut, ASN-THL Pemprov Sulut.(sulutonline)

Telah dibaca: 771

Budi Rarumangkay

Berita sejenis