Gubernur Olly Dampingi Ketua MA Resmikan Jalan dan Lapangan di Pengadilan Terpadu Manado

Manado-Didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof Dr M. Syarifuddin, SH MH meresmikan Jalan dan Lapangan di area Pengadilan Terpadu Manado yang terletak di Kelurahan Kima Kecamatan Mapanget, Manado, Jumat (22/10/21) pagi dengan nama jalan Prof. Dr. Mr. Raden Soelaiman Effendi Koesoemah Atmadjah.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, tentunya  sebagai Gubernur Sulut dan warga Sulut mengucapkan selamat datang kepada yang mulia Ketua MA RI Prof Dr M. Syarifuddin, SH MH dan jajaran yang sudah berkesempatan hadir di Sulut untuk meresmikan jalan dan lapangan Prof. Dr. Mr. Raden Soelaiman Effendi Koesoemah Atmadjah di area Pengadilan Negeri Terpadu.

“Tentunya ini berdampak sangat positif, disaat-saat masa Pandemi seperti ini, dimana ekonomi semua daerah lagi terpuruk, tapi kunjungan dari jajaran MA mendapat dampak baik bagi kita,” ujar orang nomor satu di Sulut ini.

Gubernur Olly pun menyampaikan terimakasih karena pembangunan sarana prasarana oleh MA di Talaud  dan beberapa daerah di Sulut sudah bisa selesai juga.

“Dengan ini, pelayanan ditengah-tengah masyarakat di pulau-pulau yang jauh mereka sudah merasakan ada hal-hal yang secara langsung, karena pengadilan bisa memutuskan, semua masyarakat bisa dilayani secara hukum walaupun di daerah kepulauan,” tandas Gubernur Olly.

Sementara itu, Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof Dr M. Syarifuddin, SH MH mengatakan, berdirinya gedung begini megah (Pengadilan Terpadu Manado) di Provinsi Sulut mudah-mudahan gedung-gedung ini membagun inspirasi kita sebagai contoh gedung pengadilan terpadu ini, untuk yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

“Kalau anggaran memungkinkan, lahan memungkinkan, alangkah baiknya seluruh Indonesia akan seperti ini,” ungkap Ketua MA RI ini.

Dalam kesempatan ini lanjutnya, marilah kita terus terapkan protokol kesehatan, walaupun Covid 19 sudah melandai tapi kita jangan lengah serta selalu menerapkan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah.

“Mudah-mudahan ikhtiar bersama ini akan mengakhiri Pandemi ini sehingga kita bisa beraktifitas normal lagi seperti biasanya,” ujarnya.

Ketua MA juga  menghaturkan penghargaan yang setinggi-tinggunya kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang telah berkenan menyematkan nama jalan dengan nama Prof. Dr. Mr. Raden Soelaiman Effendi Koesoemah.

“Beliau adalah pahlawan nasional dan sekaligus Ketua MA yang pertama,” katanya.

Ketua MA juga membeberkan bahwa, Jalan ini merupakan jalan akses utama menuju gedung pengadilan terpadu yang ada di Kota Manado, yang merupakan kompleks utama dan satu-satunya di Indonesia. Yang menggabungkan bangunan fisik 6 instansi pengadilan dalam satu lokasi yang sama, yakni Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Militer dan Pengadilan Tata Usaha Negara.

“Oleh karena itu sebagai insan jajaran peradilan saya merasa sangat bangga dengan sosok Prof. Dr. Mr. Raden Soelaiman Effendi Koesoemah yang menjadi Ketua MA pada masa jabatan Tahun 1945-1952. Saya yakin pemberian nama ini merupakan wujud penghormatan kepada beliau atas jasa-jasanya yang telah dipersembahkan bagi bangsa dan negara,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Mahkamah Agung RI, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Forkopimda Sulut dan jajaran terkait lainnya. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 19

Budi Rarumangkay

Berita sejenis