KPU Sulut Gelar Rakor Evaluasi Coklit Dari Pantarlih Yang Sementara Berjalan

Manado – Sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 27 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Negeri Pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum, maka pada saat ini sedang berlangsungnya Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh para Pantarlih.

Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara, melakukan Rapat Evaluasi Proses Coklit oleh Pantarlih kepada PPS pada Pemilu Tahun 2024, yang dilaksanakan di Swiss Bell Hotel Maleosan Manado pada, Selasa (28/2/2023).

Adapun narasumber dalam kegiatan ini yakni Awaludin Umbola dari Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, dan Taufik Tumbelaka selaku Ketua Kagama Manado.

Lanny Ointu selaku Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, membuka Rapat Koordinasi ini. Dalam sambutannya Ointu menyampaikan bahwa Coklit sebagai bagian dari tahapan pemuktahiran data pemilih yang sementara berjalan akan berakhir di 14 Maret 2023.

Hari ini sengaja mengundang Bapak/ibu untuk menyamakan persepsi dengan teman-teman bawaslu yang hadir dan menyampaikan laporan -laporan LHP yang sudah ditemukan di lapangan selama proses Coklit berjalan.

“Kiranya kedepan jika ditemukan permasalahan-permasalahan bisa di eksekusi secara mandiri namun tetap ada proses koordinasi sebagai sesama penyelenggara. Yang terpenting pemaparan dari teman-teman KPU Kabupaten Kota diharapkan mampu memaparkan progres coklit oleh pantarlih,” jelasnya.

Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Utara Lucky Firnandy Majanto menambahkan bahwa kita mengetahui bahwa coklit adalah salah satu kegiatan pemuktahiran data pemilih menemui pemilih secar dor to dor. Berharap paling tidak sudah 50% capaian pantarlih dalam mengerjakan coklit di wilayah masing-masing.

Lanjutnya banyak kejadian yang menimpa petugas pantarlih seperti pada saat mengunjungi rumah digigit anjing ada juga yang mengalami kecelakaan.

“Kami sekretaris mendukung kegiatan ini, dan terkait anggaran untuk kegiatan pantarlih ini sudah turun, jadi bisa segera di eksekusi untuk biaya oprasional pantarlih. karena mereka adalah ujung tombak untuk memastikan data pemilih ini akurat dan valid,”ujar Lucky Lanny Ointu selaku Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi memimpin rapat dan masing-masing Kabupaten/Kota yang diwakili oleh Ketua Divisi memaparkan sejauh mana progres coklit dan kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan coklit.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten/Kota Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga dan KPU Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Kepala Sub Bagian Perencanaan, Data dan Informasi serta Operator Sidalih.(sulutonline)

Telah dibaca: 12

Budi Rarumangkay

Berita sejenis