Sambut Ramadan 1444 H, Dharma Wanita Persatuan Ditjen Bina Keuda Kemendagri Gelar Bakti Sosial

Manado – Menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar bakti sosial (baksos), ceramah agama, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), dan memberikan bantuan.

Kegiatan digelar di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung F, Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2023).

Baksos Ramadan diprakarsai oleh DWP Ditjen Bina Keuda bersama dengan DWP Kemendagri. Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga dan Menjadikan Bulan Suci Ramadhan sebagai Momen Memperkuat Keimanan, Solidaritas, Sosial dan Mengukuhkan Ukhuwah”.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Ditjen Bina Keuda Horas Mauritz Panjaitan mewakili Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Agus Fatoni selaku Penasihat DWP Ditjen Bina Keuda.

“Kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan diperlukan untuk memperkuat rasa kepedulian kepada sesama serta sebagai wujud dalam meningkatkan toleransi kebersamaan,” kata Mauritz.

Mauritz, atas nama Dirjen Bina Keuda mengapresiasi kegiatan berbagi dan baksos yang diinisasi oleh DWP Ditjen Bina Keuda dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

Dia menilai kegiatan ini sangat strategis dalam merespons kebutuhan saat Ramadan.

“Kami pandang penting dan strategis dalam merespons kebutuhan terutama dalam meningkatkan keselarasan dengan program-program secara terintegrasi dengan momen peringatan hari besar keagamaan,” ucap Mauritz.

“Saya ingin mengapresiasi dan terima kasih kepada Ketua DWP Kemendagri dan Ketua DWP Ditjen Bina Keuangan Daerah atas terselenggaranya acara ini,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua DWP Ditjen Bina Keuda Kemendagri Tyas Fatoni mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh DWP Ditjen Bina Keuda untuk menumbuhkan jiwa sosial, kepedulian, saling tolong menolong, dan membantu.

“Sekaligus untuk meningkatkan kapasitas SDM khususnya pegawai perempuan dan istri pegawai Ditjen Bina Keuangan Daerah,” ujarnya.

Di lain pihak, Ketua DWP Kemendagri Nani Suhajar dalam arahannya menyampaikan agar pengurus dan anggota DWP tetap mengedepankan kesederhanaan dan tidak terpengaruh dengan gaya hidup mewah dan flexing seperti yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.

“Kalau Ibu-Ibu sayang sama suami, sayang sama anak dan keluarga, berikan contoh dan berperilakulah sederhana, sewajarnya, tidak berlebihan. Momen Ramadan juga diharapkan menjadi waktu untuk muhasabah dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Sebagai informasi, total sembako yang diberikan dalam kegiatan tersebut sebanyak 150 paket.

Penerima paket sembako di antaranya pramubakti, pamdal, pengurus masjid, PNS golongan 2, supporting staf, staf DWP Kemendagri, cleaning service, dan driver. Selain paket sembako juga diberikan santunan kepada anak yatim/piatu usia sekolah dari putra/putri/saudara ASN Ditjen Bina Keuda.

Kegiatan ini juga menghadirkan penceramah, yaitu Ustadzah Nani Handayani yang menjelaskan perlunya menjadi perempuan cerdas. Sebab sebagai seorang ibu, perempuan adalah madrasah bagi anak-anaknya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir sejumlah pengurus dari DWP. Selain Ketua DWP Kemendagri Nani Suhajar Diantoro dan Ketua DWP Ditjen Bina Keuda Tyas Fatoni, juga hadir Ketua Unit DWP Kemendagri, Pejabat Eselon II di lingkungan Ditjen Bina Keuda, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gambir, Kepala Kantor BNI Cabang Pecenongan dan Kantor Kemendagri, Kantor BRI Cabang Veteran, pegawai perempuan, dan istri pegawai Ditjen Bina Keuda. Kemudian hadir seluruh ASN Ditjen Bina Keuda, baik secara langsung maupun virtual.(sulutonline)

Telah dibaca: 22

Budi Rarumangkay

Berita sejenis