Sulut Juara Umum Kejurnas Pacu Kuda Pordasi di Sumbar

360a15de-6e99-46e9-96e9-687703cc9b3c.jpeg

Manado – Kontingen Sulawesi Utara (Sulut) mempertahankan juara umum setelah menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacu Kuda Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) ke-57 Piala Presiden 2023 yang diadakan di Gelanggang Pacu Kuda Kandi, Sawahlunto Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (3/9/2023).

Hasil tersebut berarti Sulut secara berturut-turut merebut Piala Presiden. Sebelumnya, di tahun 2022 kejurnas yang sama Kontingen Sulut meraih juara umum.

Menurut Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Pordasi Sulawesi Utara Ferry MKA Wowor, capaian prestasi yang gemilang tersebut adalah berkat Tuhan dan kerja sama tim serta kekompakkan dari semua pihak yang terlibat.

“Ini merupakan kerja sama keras dari Pengurus Provinsi Pordasi Sulawesi Utara, pemilik kida, pelatih, joki, groom serta support dan bantuan Pemerinrah Provinsi Sulawesi Utara melalui  Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw,” terang Wowor.

Adapun hasil yang dicapai dalam Kejurnas Seri 2 ini tidak terlepas dari hebatnya kuda-kuda Sulut. Di antaranya, Kuda Sunlight Nagari pemilik Olly Dondokambey, berhasil memenangkan kelas bergengsi yakni di Kelas A Super Sprint jarak 1.300 meter.

Pada kelas ini terbilang sengit, terjadi persaingan super ketat dari awal start. Di mana, Kuda Sunlight Nagari menempel ketat Kuda Panco unggulan dari Jawa Barat. Namun di garis finis, dimenangkan Kuda Sunlight Nagari. Kemenangan tersebut membuat gempar Tribun Sawahlunto.

Tak kalah serunya, di Kelas B Sprint Kuda Solo Eclipse pemilik Iman Hartono Eclipse Sulut Stable mampu bersaing dengan kuda-kuda unggulan dari masing-masing kontingen. Kuda Eclipse berhasil memasuki garis finish pada posisi pertama sekaligus membawa Kontingen Sulut menjadi juara umum.

Pada kejurnas ini Sulut juara umum mengoleksi 94 poin, kemudian disusul Juara II Kontingen DKI Jakarta 64,5 poin dan Juara III Jawa Barat dengan 47 poin.

Ketua Komisi Pacu dalam hal ini Adhi B Supit, mengatakan prestasi yang ditunjukkan kuda-kuda Sulut sudah merupakan capaian maksimal.

“Walaupun menghadapi beberapa kendala namun berkat kerja sama seluruh tim, kendala tersebut bisa diatasi,” ujarnya.

Atas nama Pengprov Pordasi Sulut, ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Owner/Stable Bendang Stable, Eclipse Sulut Stable, Miranda Stable, Prima Sion Stable dan Janendra Stable.

“Semoga di tahun 2024 Kontingen Sulut akan semakin jaya dan akan memenuhi target untuk dapat merebut kembali Juara Umum dan sekaligus merebut Piala Bergilir Piala Presden Republik Indonesia,” pungkas Supit diamini oleh Ketua Harian James R Waani.(*/ SulutOnline )

Telah dibaca: 52

Sulut Online

Berita sejenis