Sulut Sukses Tuan Rumah, Penyanyi Asal Papua dan Jakarta Pemenang Bintang Radio RRI

IMG_4112.jpeg

Usai melewati berbagai proses. Mulai dari audisi dari daerah masing – masing, kemudian babak penyisihan. Akhirnya babak puncak atau Grand Final Bintang Radio RRI Nasional yang digelar di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), sukses digelar.

Kegiatan yang digelar di Pohon Kasih Kawasan Megamas Manado, pada Sabtu (2/11/2023) itu, melahirkan dua pemenang dari dua kategori (Pria dan Wanita) yang diikuti oleh 10 Finalis. Adapun, kesepuluh finalis ini berasal dari RRI Kupang, Purwokerto, Palangkaraya, Kendari, Banjarmasin, Monokwari, Gorontalo, Jakarta dan Manado.

Sementara, dari hasil penilaian sejumlah dewan juri yang juga musisi dan penyanyi berpengalaman yakni Seno M Hardjo, Rimar Callista, Laksmi Nurul Suci, Ferdy Kusuma Tahier dan Muhammad Zulhamdani. Untuk Kategori Pria dimenangkan oleh utusan dari RRI Manokwari Papua Barat Florentino Josua dan Kategori Wanita dari RRI Jakarta Maria Puspita Dewi.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Panitia Bintang Radio RRI 2023 Rio Dondokambey menyampaikan apresiasi atas peran dan kontribusi dari para peserta yang datang dari berbagai daerah yakni dari satuan kerja RRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Ajang Bintang Radio ini merupakan puncak kegiatan dari seluruh rangkaian seleksi yang dilaksanakan di tingkat nasional, ada 136 peserta, mulai dari penyisihan hingga Grand Final. Dan 10 peserta di Grand Final adalah pemenang. Kiranya ini, menjadi pengalaman bagi peserta dan penyelenggara,” tuturnya.

Ia juga berterima kasih, kepada semua pihak yang terlibat langsung dalam ajang Bintang Radio. “Apa yang didapatkan di Provinsi Sulut selama mengikuti Bintang Radio, kenanglah memori yang manis, kalau ada yang kurang, tidak usah diingat. Ingatlah yang bagus dan positif,” harapnya sembari menambahkan Provinsi Sulawesi Utara, sangat terbuka bagi siapa saja.

Dia juga mengatakan, Sulawesi Utara selalu terbuka jika ada kegiatan nasional. Karena warga Sulut senang jika dikunjungi oleh saudara dari berbagai daerah. “Sebagai provinsi paling ujung, kami sangat senang dan berbahagia dapat menyambut bapak ibu saudara semua. Sukses selalu bagi RRI yang menyelenggarakan Bintang Radio. Tetaplah menjadi ikon dan legenda pencarian bakat di Tanah Air yang telah banyak menghasilkan talenta dan bintang,” serunya.

Sementara itu, Direktur Utama LPP-RRI Dr I Hendrasmo dalam kesempatan tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw bersama jajarannya yang sudah memfasilitasi kegiatan tersebut sehingga bisa berlangsung dengan sempurna.

“Setiap tahunnya, peserta Bintang Radio RRI selalu mengalami peningkatan. Sejak tanggal 27 November lalu sampai saat ini, Bintang Radio ini banyak diikuti peserta dan akhirnya hanya terpilih 10 besar untuk ikut dalam malam Grand Final saat ini. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pemprov Sulut khususny bapak Gubernur dan Wagub Sulut yang sudah membantu kegiatan ini,” jelasnya seraya menambahkan jika tahun 2024 mendatang, Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah Bintang Radio RRI.

Para pemenang mendapatkan hadiah Rp20 juta untuk juara satu, Rp15 juta untuk juara dua, Rp12.5 untuk juara tiga, Rp10 juta untuk harapan satu dan Rp7,5 juta untuk harapan dua.

Pada kesempatan itu, turut juga dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan antara RRI dan PT Muda Mandiri Mampuni selaku manajemen artis. Para peserta yang masuk final ini nantinya akan siap dibantu oleh manajemen artis untuk bisa tampil secara nasional.

Turut hadir, Sekprov Sulut Steve Kepel yang menyerahkan hadiah kepada pemenang, didampingi Asisten II Pemprov Sulut Fransiscus Manumpil dan Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Jani Lukas. (mry)

Pemenang Bintang Radio RRI 2023:

*KATEGORI PUTERA

Juara 1 dari RRI Monokwari

FLORENTINO JOSUA

Juara 2 dari RRI Gorontalo

MUHAMAD REDONI

Juara 3 dari RRI Jakarta

JACKY NEVO TAMBAJONG

Harapan 1 dari RRI Manado

RAFAEL RATUMBUYSANG

Harapan 2 dari RRI Banjarmasin

M DAFA ADIA FERNANDA

*KATEGORI WANITA

Juara 1 dari RRI Jakarta

MARIA PUSPITA DEWI

Juara 2 dari RRI Kendari

AMIRA YUSMALIA JULAN

Juara 3 dari RRI Purwokerto

RACHEL SINAGA

Harapan 1 dari RRI Palangkaraya

NATALIAS

Harapan 2 dari RRI Kupang

ROSI WATITING

(*/ SulutOnline )

Telah dibaca: 154

Sulut Online

Berita sejenis