Dibuka Gubernur Olly, North Sulawesi Investment Forum 2023 Bangkitkan Ekonomi Sulut

IMG_2686.jpeg

Manado – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara atas terlaksananya kegiatan North Sulawesi Investment Forum (NSIF) yang diadakan di Grand Kawanua Novotel,Selasa (08/08). NSIF mengangkat tema “Gateway to Growth: Memajukan Ekonomi Sulawesi Utara dengan Mempercepat Investasi dan Ekspor.”

“Dengan rasa syukur, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara yang secara konsisten menginisiasi kegiatan North Sulawesi Investment Forum (NSIF) dalam tiga tahun terakhir. Keberhasilan kegiatan seperti ini memberikan dampak positif bagi pertumbuhan investasi dan ekonomi Sulawesi Utara. Saya bangga melihat semakin banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di daerah kita,” ujar Gubernur Olly Dondokambey.

Selama dua triwulan pertama tahun ini, investasi yang masuk ke Sulawesi Utara mencapai angka yang mengesankan, yakni hampir mencapai 5,2 triliun rupiah. Pencapaian ini melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya. Data-data yang ada menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara juga berjalan sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan.

Gubernur Olly Dondokambey menyatakan bahwa keberhasilan pelaksanaan NSIF dan pencapaian investasi yang luar biasa ini adalah hasil dari kerjasama dan komitmen bersama antara pemerintah daerah, Bank Indonesia, serta para pemangku kepentingan ekonomi di Sulawesi Utara. Diharapkan, momentum positif ini akan terus berlanjut dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi daerah ini.

Sementara Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti menyampaikan bahwa NSIF
merupakan medium yang tepat untuk mendorong investasi di Sulut, utamanya dengan melihat potensi Sulut yang memiliki posisi geografis yang sangat strategis di Pasifik
Rim dan berhadapan langsung dengan negara-negara di Asia Timur dan Pasifik.

NSIF 2023 menandai capaian penting peran Regional Investor Relations Unit (RIRU) dalam mendorong investasi dan ekspor
melalui serangkaian kegiatan, yaitu penandatanganan kerja sama investasi pada proyek ready to offer, implementasi kerja sama Pemprov Sulut dan China Southern
Airlines, dan pemberian investment awards.

“Selain itu NSIF 2023 juga
mempromosikan empat proyek utama, proyek potensial dari sepuluh kabupaten/kota, serta etalase UMKM orientasi ekspor. Seluruh proyek dan UMKM tersebut dapat difasilitasi untuk melaksanakan one-on-one meeting utamanya dengan investor asing”,katanya.

Menurut Damayanti NSIF 2023 juga memperkuat kapasitas DPMPTSP dan pelaku usaha melalui
pelaksanaan seminar, capacity building, coaching clinic investasi dan ekspor, serta debottlenecking seputar pelayanan permasalahan kemudahan investasi.

Ke depan, RIRU Sulut akan terus meningkatkan upaya mendorong investasi dan ekspor melalui
pengeloaan persepsi positif, promosi peluang investasi, dan pelaksanaan investor engagement.

Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan perwakilan dari Kementerian Investasi, Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga,Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulawesi Utara, Hermina Syallom H.D. Korompis,SP,MSc, dan Para Pejabat Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Utara.(*/ SulutOnline )

Telah dibaca: 35

Sulut Online

Berita sejenis