Gubernur Olly dan Ketua TP. PKK Sulut Hadiri Launching Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil di RSD ODSK

Manado-Bertempat di RS Daerah Provinsi Sulawesi Utara Jalan Bethesda Kota Manado Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Ketua TP. PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menghadiri Pencanangan Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Hamil di Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (18/08/2021)

Dalam kesempatan ini juga Gubernur Dondokambey yang didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw meresmikan Beroperasinya Laboratorium PCR (Polimerase Chain Reaction) merupakan pemeriksaan dengan menggunakan teknologi amplifikasi asam nukleat virus, untuk mengetahui ada tidaknya virus / DNA virus, untuk memperkirakan jumlah virus dalam tubuh, untuk mengetahui jenis virus ( genotipe atau subgenotipe ) yang menginfeksi tubuh.

Ketua TP. PKK Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan yang ditemui usai pelaksanaan kegiatan ini mengatakan dengan keluarnya edaran dari kementerian Kesehatan tentang vaksinasi Covid-19 Bagi ibu hamil ini harus didorong agar agar jika Ibu sedang hamil untuk jangan takut untuk divaksin.

“Karena pemerintah sudah mengeluarkan edaran ibu hamil sudah boleh divaksin, maka sebagai ketua penggerak PKK saya berharap ibu-ibu yang hamil agar mau divaksin, bapak-bapak nya juga harus mendorong agar ibu-ibunya jangan takut di vaksin supaya Ibu dan anak tetap sehat sampai pada proses persalinan,” harap Maya Rita Dondokambey yang didampingi Sekretaris TP. PKK Sulut Dr. Devi Kandouw Tanos.

Kepala Dinas Kesehatan provinsi Sulut Dr. Debby Kalalo yang juga  ditemui terpisah dalam kegiatan ini  mengatakan bahwa hari ini adalah merupakan pencanangan Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil di Seluruh Indonesia dan di Sulut telah ditetapkan RS Daerah ODSK menjadi tempat pencanangan Vaksinasi Covid-19 ini.

“Nantinya ini akan berlanjut terus pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil baik yang akan dilakukan oleh pemerintah kota Manado ataupun kabupaten kota yang lain dan untuk ibu hamil ini akan dapat di vaksin jika sudah berada di atas 13 minggu keatas waktu kehamilan yang menggunakan vaksin Moderna dan Sinovak,” urai Kalalo pada kesempatan ini.

Sementara itu Ketua POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) Sulawesi Utara Dr. John J. E. Wantania yang mendampingi Kadis Kesehatan Sulut menuturkan bahwa Vaksinasi bagi Ibu Hamil saat ini sudah diperbolehkan karena sudah ada penelitian yang dilakukan pada 35 ribu orang yang melihat ternyata Vaksin yang ada sekarang ini cukup aman bagi ibu yang sedang Hamil.

“Yang perlu kami tekankan disini pertama tentunya dukungan dari berbagai pihak termasuk pemangku kebijakan dengan koordinasi yang ada gerbong yang sudah berjalan ini dari Dinas Kesehatan dengan vaksinasi yang ada dan dari organisasi profesi hanya turut membantu dimana kebetulan ini vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil,” urai Wantania.

“Cuma memang yang perlu kita jaga kejadian ikutan pasca imunisasi yang bukan hanya terjadi pada ibu hamil tetapi juga pada masyarakat umum,” tambah Wantania.

Menurutnya efek yang dapat saja terjadi pada setiap orang pasca Vaksinasi Covid-19 tentunya pasti  akan berbeda-beda tergantung pada kondisi masing-masing. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 13

Budi Rarumangkay

Berita sejenis