Gubernur Olly Pimpin Apel Gelar Ketupat 2024 , Ajak Mudik Lebih Awal

 

Manado – Gubernur Provinsi Sulut Prof DR (Hc) pimpin gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Samrat 2024, di Lapangan Mapolda Sulut, Rabu (3/4/2024).

Gubernur Olly mengatakan, apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan terkahir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat tahun 2024, sebagai bentuk nyata sinergitas TNI/polri dengan Stakholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaaan Idul Fitri.

“Berdasarkan indikator kepuasaan masyarakat atas penyelenggaraan dan penangan arus mudik tahun 2023 mencapai 89 persen atau meningkat 17 persen dibandingkan tahun 2024,” kata gubernur ketika membacakan sambutan Kapolri.

“Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama. Yang harus dipertahankan dalam arus mudik dan balik tahun ini,” sambungnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 persen dibandingkan tahun 2023.

“Karena itu presiden Jokowi Widodo perkirakan mudik tahun ini lebih besar tabun lalu. Karena itu Presiden mangajak masyarakat untuk mudik lebih awal,” ajaknya.

Lanjutnya, untuk menjawab tantangan ini TNI/Polri bersama stakholder terkait melaksanakan operasi ketupat yang melibatkan 155.165 personel selama 13 hari mulai 4 April sampai 16 April.

“Dalam operasi ini telah dipersiapkan 5.784 pos dengan rincian 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu dalam pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur rawan kemacetan, kecelakaan, kriminalitas dan bencana alam serta di pusat keramaian. Juga harus mampu memberikan pelayanan prima,” pungkasnya.

Kegiatan dihadiri Kapolda Sulut bersama jajarannya serta TNI dan stakholder terkait. (*SulutOnline )

Telah dibaca: 7

Sulut Online

Berita sejenis