Spektakuler Di Medical Expo And Health 2023, Langkah Maju Sulut Untuk Pariwisata

IMG_2650.jpeg

Manado – Iven Medical Expo Dan Helath Tourism 2023 salah satu kegiatan “spektakuler” berkaitan dengan bidang pariwisata dan kesehatan bakal dihelat pada bulan Agustus mendatang dengan menghadirkan peserta dari unsur kesehatan di Sulut dan Gorontalo.

Hal itu diungkapkan dalam konfrensi pers Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata, Dino Gobel bersama Kepala Dinas Kominfo, Steven Liow, ketua panitia kegiatan Yola Langelo beserta wartawan di Ruang Diskominfo Sulut pada Jumat 28 Juli 2023.

Kegiatan yang secara swadaya dimotori ketua pantia (Yola Langelo) itu pun menurut Gobel juga mendukung program dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) yang juga sejalan dengan apa yang digaungkan Presiden Joko Widodo dalam menggairahkan kembali dunia pariwisata dan investasi termasuk di Sulut.

Dimana sejak tahun 2021 dalam masa pandemi pun sudah pernah dicanangkan terkait dengan program kesehatan pariwisata.

“Ini merupakan langkah maju didunia pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Di Sulut sendiri telah dibangun 10 Rumah Sakit (RS) termasuk swasta terkemuka yang berteknologi dan fasilitas tak kalah baiknya, juga ada RS daerah termasuk RS ODSK, RS Mata dan lain-lain. Iven ini juga nantinya menjadikan promosi, seperti pameran, talkshow hingga penghargaan dan akan menjadi bintang tamu langsung kalau tidak berhalangan adala, dr Terawan,” terangnya dengan menambahkan bahwa sebagaimana oleh gubernur juga sudah membuka konektivitas penerbangan langsung luar negeri, seperti China dan beberapa penerbangan dan jalur investasi perdagangan lainnya seperti Korea dan Jepang yang dalam artian, kegiatan dimaksud saling berkesanmbungan dalam kedatangan turis masuk ke Sulut.

“Fasilitas wisata kesehatan ini bisa menjadi menjadi tujuan dari OD-SK, dimana para turis dan juga pejabat dapat juga melakukan chekup. Dimana dalam menunggu hasil chekup itu bisa dimanfaatkan fasilitas dari agen travel, ini juga oleh Dinas Pariwisata berusaha mengakreditasi tempat penginapan yang ada disekitar RS seperti contohnya, RS Kandou yang bekerjasama RS ODSK, kalau terdekat pelabuhan dari RS Siloam,” jelas Gobel yang menambahkan bahwa, nantinya juga peserta kegiatan akan melibatkan peserta dari pihak pengelola hotel/resort serta RS di wilayah Indonesia Timur.

Disampaikan Ketua Panitia Yola bahwa, kegiatan itu juga akan dilaksanakan di Mantos dengan bentuk kegiatan yang se-spektakuler mungkin.

“Akan ada talkshow melalui masing-masing narasumber baik dari pihak kesehatan maupun asuransi sehingga iven ini akan lebih bermanfaat dan menyentuh masyarakat seperti yang diharapkan sebaik mungkin,” terangnya 

Adapum melalui Kadis Kominfo Sulut, Steven Liow mengungkapkan bahwa, adanya layanan yang teritegrasi pelayanannya dan menyentuh langsung ke masyarakat. 

“Jadi layanan online lebih diutamakan sehingga tidak ada lagi keterlambatan dalam pelayanan kepada masyarakat, terlebih bagi turis yang masuk Sulut

Sehingga layanan dalam klinik puskesmas itu memakai Sistem Informasi Klinik RS agar data pasien walaupun dari pasien turis yang sakit, datanya dan penanganannya cepat,” tandas Liow .(*/ SulutOnline )

Telah dibaca: 605

Sulut Online

Berita sejenis