Wujudkan 10 Program Utama, Gubernur Olly: Sinergitas OPD dan PKK Harus Ditingkatkan

Manado – Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan bahwa Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan gerakan nasional yang memiliki peran penting dan strategis.

“Perannya sangat besar dalam mengimplementasikan program – program kemasyarakatan seperti pengentasan kemiskinan, pengendalian inflasi dan penanganan stunting sehingga sinergitas antara Pemda dengan PKK harus terus ditingkatkan.

Hal ini disampaikan Gubernur Olly saat memberikan arahan dalam acara Rapat Konsultasi Pembina TP-PKK Provinsi Sulut, bertempat di salah satu hotel terkemuka di Manado, Senin (19/12/2022.

Pada kesempatan itu juga Gubernur Sulut meminta Pemerintah Daerah khususnya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mensinergikan pelaksanaan programnya dengan program PKK.

“Itu akan lebih efektif. Saya akan memberikan ruang untuk sinergitas ini , sehingga beberapa program yang ada di Pemerintah Provinsi Sulut dapat dilakukan dengan kerjasama dengan PKK,” terang Gubernur Olly.

Lanjut, Gubernur Olly mengatakan TP PKK yang merupakan mitra pemerintah dalam melaksanakan kegiatan belum banyak dilirik Organisasi Perangat Daerah (OPD).

Bahkan PKK memiliki andalan kegiatan yang dijabarkan dalam 10 program pokok PKK. Masing-masing menyangkut pemberdayaan masyarakat untuk mensejahterakan keluarga, yang programnya ada kesamaan dengan OPD. Pentingnya bersama-sama untuk bersinergi antara OPD dengan PKK.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan mengatakan, Rakon ini untuk meningkatkan dukungan sinkronisasi PKK dengan OPD. Perlu diketahui bahwa PKK sumbernya data, mengingat PKK menjadi salah satu pelaksana kegiatan sosial terkecil di masyarakat dan kegiatannya sangat intens.

“Rakon seperti ini PKK dan OPD setiap tahun lalu dilakukan. Namun hingga sekarang, implementasi dengan PKK belum sinergi. Tentunya dengan dilaksanakan Rakon kembali, akan dapat menggugah OPD untuk bisa bersama mensukseskan program ODSK menuju Sulut semakin hebat dan sejahtera,” harapnya.

Lanjut Rita mengatakan PKK itu tidak memiliki dana langsung. Jadi kita harus bermitra dengan OPD yang ada, sesuai dengan program pemberdayan keluarga dengan pokja-pokja PKK.

“Memang masih banyak OPD yang belum bekerjasama dengan PKK. Tapi, ada juga sejumlah OPD sudah bermitra dengan PKK. Untuk itu, kedepan saya berharap kepada OPD yang belum bermitra dengan PKK untuk segera membangun kerjasama dalam rangka mengoptimalkan program ODSK untuk mewujudkan 10 program utama PKK untuk kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut),” tandas istri tercinta dari Gubernur Sulut itu.

Turut hadir dalam Rakon Pembina TP-PKK Sulut, Sekretaris TP-PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw Tanos, Sekdaprov Sulut Steve Kepel, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulut dan seluruh pengurus TP-PKK Sulut.(sulutonline)

Telah dibaca: 15

Budi Rarumangkay

Berita sejenis