Penerbangan Manado-Narita Bakal Gairahkan Pariwisata dan Ekspor Sulut

Manado – Maskapai penerbangan Garunda Indonesia bakal membuka jalur baru dengan rute Manado (MDC)-Tokyo Narita (NRT).

Jadwal penerbangan ini, bakal dilakukan seminggu sekali menggunakan pesawat A330-300, yang akan dimulai pada 2 Maret 2023 mendatang.

Rute ini menjadi harapan baru bagi perekonomian Sulawesi Utara (Sulut), yang dipastikan akan mendongkrak minat wisatawan Jepang untuk datang ke Sulut atau pun sebaliknya.

Lebih dari itu, prospek sektor ekonomi ini, akan semakin diperkuat dengan aktivitas ekspor. Di mana sejumlah komoditas unggulan perikanan, seperti Tuna dapat dipasarkan ke Jepang dengan memanfaatkan fasilitas cargo yang tersedia.

Meski Manado bukan menjadi hub Garuda, namun Gubernur Olly Dondokambey optimistis akan menggairahkan ekonomi.

“Penerbangan Manado-Narita ini menjadi peluang untuk membangkitkan pariwisata,” ungkap Gubernur Olly.

Oprasional dengan nomor penerbangan GA884 (MDC-NRT) dan GA885 (NRT-MDC), diharapkan dapat menciptakan peluang bagi masyarakat Sulut.

Untuk itu, kerja sama dari semua pihak diharapkan dapat terkoordinasi dengan baik.

“Saya berharap adanya kerja sama dari semua pihak, baik dari maskapai Garuda maupun agency. Terutama upaya promosi supaya banyak warga berwisata ke Narita Jepang,” ungkap Sekprov Sulut Steve H Kepel saat menggelar rapat, Senin (27/02/2023).

Selain penumpang, ungkap Kepel juga ada kargo barang. Dengan produk unggulan ikan Tuna.

“Ikan Tuna bukan dari Sulut saja, tetapi dari luar Sulut juga. Saat ini, sudah ada yang menghubungi, seperti Gorontalo yang berminat untuk melakukan eskpor ke Jepang. Begitu juga daerah lain,” sebutnya.

Staf Khusus Gubernur Sulut, Dino Gobel mengakui penerbangan Manado-Jepang merupakan sejarah bagi Pemprov Sulut.

“Karena pascapandemi Covid-19, Pemprov Sulut membuka gerbang pasific dengan penerbangan Manado-Jepang. Ini merupakan langkah inovasi yang dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan menggerakan ekonomi Sulut,” bebernya.

Untuk mendukung program penerbangan, Pemprov Sulut, sebagaimana yang disetujui Gubernur Olly akan memberikan program wisata bagi ASN, dengan pola pembiayaan perbankan.

“Akan ada kerja sama dengan PT PBR Prisma Dana untuk mendukung program ini,” ujarnya.(sulutonline)

Telah dibaca: 95

Budi Rarumangkay

Berita sejenis