Wagub Steven Kandouw Ingatkan Warga Sulut Waspada Cuaca Ekstrem

Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E Kandouw mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang diprediksi akan melanda Sulawesi Utara selama delapan hari ke depan. Peringatan ini disampaikan Kandouw kepada wartawan di Kantor Gubernur, Senin (08/07/2024).

“Informasi dari BMKG menyebutkan akan ada cuaca ekstrem selama delapan hari ke depan. Saya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka harus siap mengantisipasi segala kemungkinan,” kata Kandouw.

Kandouw juga menekankan pentingnya kewaspadaan bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor, mengingat intensitas curah hujan yang tinggi dapat memicu banjir dan tanah longsor.

“Saya imbau masyarakat yang tinggal di tepi sungai dan lereng-lereng untuk waspada. Akhir-akhir ini debit hujan di atas rata-rata, saya harap ini menjadi perhatian,” ujarnya.

Untuk diketahui, cuaca ekstrem adalah fenomena alam yang ditandai dengan kondisi curah hujan, arah dan kecepatan angin, suhu udara, kelembapan udara, dan jarak pandang yang tidak normal dan dapat menimbulkan kerugian.

(*SulutOnline )

Telah dibaca: 165

Sulut Online

Berita sejenis