Pemprov Sulut dan Jepang Bahas Kerjasama strategis tenaga pertanian

IMG_2701.jpeg

Manado – Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Mr. Ohashi Koichi, mengadakan audensi yang berlangsung dengan penuh antusiasme bersama Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven OE Kandouw, Kamis (10/8/2023).

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Sekda Provinsi Sulawesi Utara, membahas kerjasama strategis di bidang tenaga kerja pertanian antara kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak berdiskusi mengenai pentingnya kolaborasi dalam bidang tenaga kerja pertanian.

Mr. Ohashi Koichi menekankan komitmen Jepang dalam memprioritaskan jaminan dan kualitas tenaga kerja asing, khususnya dari Indonesia. Dia menyambut baik potensi yang dimiliki Indonesia, khususnya Sulawesi Utara, dalam menyediakan tenaga kerja yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pertanian di Jepang.

Wakil Gubernur Steven Kandou mengapresiasi sikap positif Jepang dalam menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Ia menyatakan keyakinannya bahwa Indonesia, terutama Sulawesi Utara, memiliki sumber daya manusia yang mampu memberikan kontribusi berharga dalam sektor pertanian Jepang.

“Kami merasa senang dengan langkah-langkah konkret yang diambil oleh Jepang dalam mengakomodasi tenaga kerja asing, dan kami berharap kerjasama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak,” ujar Wakil Gubernur.

Pertemuan ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, serta membuka peluang baru bagi tenaga kerja Indonesia, khususnya dari Sulawesi Utara, untuk berkontribusi dalam mengembangkan sektor pertanian di Jepang. Kedua belah pihak sepakat untuk terus berdiskusi lebih lanjut mengenai rincian kerjasama yang akan dijalankan demi kemajuan bersama. (*/ SulutOnline )

Telah dibaca: 333

Sulut Online

Berita sejenis